Tuesday, August 30, 2016


Pada hari Senin, 29 Agustus 2016 berlangsung kegiatan Sosialisasi sikat gigi dan cuci tangan pakai sabun di SD NEGERI INPRES WAWORADA. Kegiatan yang dilaksanakan sebagai bentuk keaktifan UPT Puskesmas Langgudu dalam mengkampayekan hidup sehat dan hal itu disambut baik para guru dan murid. Sebab selain mendapatkan pelajaran tentang pentingnya menyikat gigi dan cara cuci tangan yang baik, mereka juga mendapatkan kesempatan untuk dapat mempraktekkan cara sikat gigi dan cuci tangan dengan baik dan benar. 
"Yang terpenting dalam menyikat gigi yang baik adalah dengan gerakan lembut dan memutar. Gosok semua bagian permukaan gigi yang digunakan untuk mengunyah. Untuk bagian dalam, gosok dengan posisi tegak. Sikat lidah untuk menyingkirkan bakteri, dan pilih sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut," Terang Salah satu petugas dari UPT Puskesmas Langgudu saat melakukan Sosialisasi. 
"Mencuci tangan dengan sabun adalah salah satu tindakan kebersihan dengan membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air dan sabun oleh manusia untuk menjadi bersih dan memutuskan mata rantai mikroorganisme sebagai sumber penyakit. Mencuci tangan dengan sabun dikenal juga sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit, hal ini dilakukan karena tangan seringkali menjadi pembawa mikroorganisme dan menyebabkan mikroorganisme berpindah dari satu orang ke orang lain, baik dengan kontak langsung ataupun kontak tidak langsung (menggunakan permukaan-permukaan lain seperti handuk, gelas, dan lain sebagainya)."
 Penyuluhan diberikan kepada 30 orang siswa-siswi SD Negeri Inpres Waworada dari siswa kelas I hingga kelas VI. Adapun tujuan dari kegiatan penyuluhan ini secara umum adalah agar seluruh siswa-siswi SD Negeri Inpres Waworada dapat mengetahui manfaat mencuci tangan dan menggosok gigi yang benar. Sedangkan secara khusus tujuan kegiatan ini adalah agar siswa-siswi SD Negeri Inpres Waworada dapat menyebutkan pengertian cuci tangan dan gosok gigi yang benar, dapat menyebutkan tujuan cuci tangan dan menggosok gigi, dapat menyebutkan waktu mencuci tangan dan menggosok gigi yang tepat dan dapat mendemonstrasikan kembali cara mencuci tangan yang benar. Sehingga pada akhirnya diharapkan siswa-siswi di SD Negeri Inpres Waworada  memiliki kesadaran akan perilaku bersih dan sehat sejak dini untuk menurunkan angka kesakitan (mordibitas) dan angka kematian (mortalitas).







0 komentar:

Post a Comment

DAPODIKDASMEN

LAPOR DANA BOS

CEK NISN

RUMAH BELAJAR

PADAMU NEGERI

GET UPDATE VIA EMAIL
Berlangganan artikel via email!

OPS SDN INPRES WAWORADA

POSTINGAN LAINNYA